humasDKP – Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Barat, Roswati Panasa beserta jajaran meninjau lokasi yang rencananya akan menjadi wilayah pengembangan budidaya kepiting dan udang vaname. Lokasi yang masuk dalam rencana pengembagan budidaya ini berada di Kabupaten Mamuju, Desa Sumare, Kecamatan Simboro & Kepulauan (Selasa/19/03/2024)

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut arahan dari Kepala Dinas KP Sulbar, Suyuti Marzuki, yang menekankan pentingnya memaksimalkan potensi sumberdaya alam Sulawesi Barat. Dalam kunjungan ini, tim berupaya memahami secara lebih mendalam kondisi geografis dan potensi lingkungan yang ada.

Dalam kesempatan yang sama, laboratorium kesehatan ikan dan lingkungan milik Dinas Kelautan dan Perikanan seklaigus melakukan pengecekan kualitas air di lokasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kualitas air di wilayah pertambakan dimaksud apakah telah memenuhi standar yang diperlukan bagi budidaya perikanan atau belum. Pengecekan ini dilakukan dengan cara pengambilan sampel air dari beberapa titik strategis untuk kemudian menjadi sampel dianalisis di laboratorium.

Pj. Gubernur Sulawesi barat, Prof. Sudan Arif Fakhrulloh memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan kawasan budidaya perikanan. Dukungan ini sejalan dengan agenda pembangunan nasional yang menekankan akan pentingnya upaya dalam meningkatkan ketahanan ekonomi melalui sektor perikanan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ketahanan pangan di Provinsi Sulawesi Barat.

“Kegiatan ini merupakan upaya tindaklanjut kami sebagai upaya dalam usaha pengembangan sektor perikanan khusus dalam bidang budiaya perikanan, sehingga semua sektor perikanan yang ada bisa berkembang sesuai program prioritas yang telah dicanangkan oleh Gubernur kita” pungkas Suyuti M yang pernah lama bergelut dalam bidang budidaya perikanan di Sulawesi Selatan.

Rencana pengembangan budidaya kepiting dan udang ini menjadi salah satu langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh Sulawesi Barat. Implementasi rencana ini akan dilakukan dengan cermat dan terencana, melalui kolaborasi pengelolaan berbasis masyarakat dan mahasiswa, diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya sektor perikanan sebagai lokus utama pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat serta kesadaran akan potensi maritim daerah. Langkah-langkah konkret dalam implementasi rencana ini akan segera disusun dan dijalankan, dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan sosial ekonomi yang relevan.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram