humasDKP – Mengambil tempat di Hotel UNHAS, Makassar, Kegiatan Keberlanjutan Konservasi Habitat Penyu di Kepulauan Balabalakang di gelar pada (Jumat,08/03/2024) yang dihadiri oleh Sekda Provinsi Sulawesi Barat, Rektor Unhas sekaligus leader project MUBADALA, Manager project MUBADALA, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar didampingi Kabid.Perikanan Tangkap dan TRL bersama staf, BPSPL Makassar, Camat Balabalakang, akademisi UNHAS, beberapa NGO pemerhati lingkungan, dan sejumlah jurnalis.

Muh.Idris selaku Sekda Prov. Sulbar mengapresiasi project ini, yang selama kurang lebih 3 tahun di Pulau Salissingan, Kepulauan Balabalakang mendukung konservasi Penyu, Terumbu Karang dan Lamun.
Hal ini sangat penting mengingat Sulawesi Barat sebagai Provinsi yang paling dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Panjang pantai Sulbar yang didukung dengan potensi perairan yang besar, tentu memerlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai hasil yang optimal dan berkelanjutan. “Kami tentu sangat mendukung jika project ini ke depannya dapat dilanjutkan lagi” tutur Muh.Idris dihadapan peserta.
Rektor Unhas selaku leader project menyampaikan pentingnya keberadaan NGO dalam mengawal pengelolaan dan pemanfaatan kawasan konservasi untuk keberlanjutan kehidupan di bumi. Beliau juga menyampaikan Kepulauan Balabalakang merupakan wilayah eksotik yg memiliki nilai jual yang perlu dipublish agar lebih dikenal, baik di Indonesia maupun dunia. Oleh karena itu, sangat perlu dukungan dari segala pihak terkait termasuk penganggaran dari KKP untuk keberlanjutan pengelolaan di Kepulauan Balabalakang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Barat, Suyuti Marzuki selaku pengelola Kawasan Konservasi Kepulauan Balabalakang menyebutkan tentang rencana untuk menyatukan seksi Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil ke Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, dengan pertimbangan tupoksi yang lebih sesuai dan saling berkaitan secara langsung.
Selain itu, Suyuti menegaskan akan kesediaan DKP Prov.Sulbar untuk terus mendukung keberlanjutan pengelolaan dan pengawasan di kawasan konservasi Kepulauan. “Ini adalah salah rangkaian kegiatan kami dalam usaha mengelola sumberdaya di Kepulauan Bala-balakang” pungkas Suyuti saat memberi sambutan dihadapan peserta.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram