Mamuju, 30/11/2023. Kembali, Firman Argo Waskito menemui pembudidaya di Aula DKP Prov. Sulbar. Bersama Kadis KP (Khaeruddin Anas), Firman mengutarakan keinginan positifnya akan pembinaan masyarakat pembudidaya khusus di Provinsi Sulawesi Barat.
Menghadirkan pemateri dari PT. eFISHERY yang dikenal sebagai startup aqua-tech pertama di Asia, giat sehari yang diprakarsai oleh Bidang Perikanan Budidaya DKP Prov. Sulbar ini digelar dengan mengundang perwakilan petambak dari masing-masing Kabupaten di Sulbar.

eFishery adalah sistem yang dikembangkan secara digital dalam bidang perikanan budidaya dengan bekerjasama dengan Pemerintah. “Berbudidaya ikan tidak bisa dipaksakan dari tradisional ke intensif, karena budidaya merupakan sistem yang harus berproses secara step by step”, papar perwakilan eFishery. eFishery yang dimaksud disini ada aplikasi yang digunakan dalam pengembangan usaha budidaya rumput laut. KABAYAN (Kasi Bayar Nanti) adalah satu program unggulan PT eFishery yakni bantuan yang diberikan kepada pembudidaya dalam bentuk pinjaman dengan bunga rendah. Salah satu keunggulan dari aplikasi yang dikembangkan oleh eFishery ini adalah mempercepat proses siklus panen. FItur KABAYAN yang menjadi andalan eFishery adalah akses pembiayaan ke institusi keuangan yang diawasi oleh OJK.

KABAYANkilat, KABAYANlite, KABAYANAreguler adalah 3 jenis produk KABAYAN yang telah banyak digunakan oleh pembudidaya di seluruh Indonesia yang dibedakan tergantung besarnya plafon pinjaman yang diajukan oleh pembudidaya. ” Masalah lahan adalah masalah yang memerlukan pendampingan dari Dinas terkait”, terang Firman. Potensi perikanan di Indonesia nomor 1 di dunia hingga mencapai US$ 1,2 Triliun, dengan 30,2 juta kolam. Untuk udang sendiri komiditas volume ekspor udang terbesar kedua mencapai 207,7 ribu ton.
Pricing dan finansing menjadi prioritas eFshery dimana dalam prosesnya memerlukan peran aktif pembudidaya.
Kontrak farming dari hulu hingga hilir, eFshery menyediakan technical support bagi pembudidaya, bukan hanya pakan eFishery juga menyediakan benur, pakan yang semuanya melalui aplikasi eFishery.

eFishery telah bekerja sama dengan supplier yang di Sulbar ini susah ada 14 supplier

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram