humasDKP(24/09/24 – Dalam upaya memperkuat kerjasama dan mendukung pengembangan infrastruktur komunikasi di wilayah perairan Indonesia, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Suyuti M, menerima kunjungan perwakilan dari PT. Optic Marine Indonesia (PT. OMI) di ruang kerjanya. Kunjungan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Tata Ruang Kelautan, Abdul Gani S.St.Pi bersama jajaran.

Perusahaan PT. OMI, yang berpusat di Jakarta, berfungsi sebagai mitra kegiatan perizinan dan pelaksana pekerjaan yang mewakili PT. Telekomunikasi Indonesia International (TELIN). TELIN sendiri adalah bagian dari Konsorsium Kabel Bawah Laut yang memiliki proyek strategis nasional di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Proyek ini adalah Sistem Komunikasi Kabel Laut BIFROST (SKKL BIFROST), yang dirancang untuk menghubungkan Tuas (Singapura) dengan California (Amerika Serikat), melewati perairan Indonesia dengan titik pendaratan di Jakarta dan Manado. Jalur tersebut akan melintasi Selat Makassar dan Laut Sulawesi, yang merupakan jalur strategis untuk komunikasi antar negara.

Dalam pertemuan tersebut, Ibu Ilustianti, perwakilan dari PT. OMI, menyampaikan maksud kunjungan mereka untuk berkoordinasi mengenai kegiatan sosialisasi rencana jalur SKKL BIFROST. Ia menegaskan bahwa proyek ini bukan hanya penting untuk peningkatan komunikasi, tetapi juga telah mendapatkan semua perizinan yang diperlukan dari kementerian teknis terkait, sehingga memungkinkan pelaksanaan proyek dengan lancar.

Dr. Suyuti M menjelaskan pentingnya proyek ini bagi Provinsi Sulawesi Barat. Menurutnya, berdasarkan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Sulawesi Barat, jalur kabel bawah laut yang direncanakan akan melewati wilayah 12 mil perairan Sulawesi Barat. Ia menekankan bahwa dukungan pemerintah daerah akan diberikan, asalkan proyek tersebut tidak merugikan nelayan lokal dan tidak mengancam kelestarian lingkungan perairan.

“Penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap proyek yang dilaksanakan di wilayah kita memperhatikan kepentingan masyarakat dan lingkungan. Kami berharap PT. TELIN dapat menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat Sulawesi Barat. Kerjasama jangka panjang dalam hal ini sangat diharapkan agar dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah,” tegas Suyuti.

Kunjungan ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung proyek infrastruktur yang strategis sambil tetap menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Sosialisasi yang akan dilakukan oleh PT. TELIN diharapkan dapat menjadi wadah untuk bertukar informasi dan menjelaskan lebih lanjut tentang rencana jalur penggelaran kabel bawah laut tersebut kepada para stakeholder.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa semua pihak terkait dapat berkolaborasi dengan baik, sehingga proyek SKKL BIFROST dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan pembangunan infrastruktur komunikasi di Sulawesi Barat.



By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok