Mamuju, 6/11/2020. Dharma Wanita Persatuan adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil RI dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta tidak terkait dengan kekuatan politik manapun, tetapi hak berpolitik anggota tetap dihormati (Sumber : wikipedia). Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Kegiatan yang dilaksanakan Dharma wanita persatuan diarahkan untuk: (a) Mengutamakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari pengurus dan anggota; (b) Memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesempatan organisasi; (c) Dalam melaksanakan kegiatan mendahulukan yang penting sesuai dengan skala prioritas; (d) Mengutamakan kualitas penanganannya daripada kualitas yang ditangani, serta diupayakan secara tuntas; (e) Menjaga citra yang baik sebagai istri pendamping aparat pemerintah di tengah masyarakat yang dinamis.

Meskipun dilaksanakan secara daring via zoom meeting, Kegiatan Pengukuhan Pengurus DWP (Darma Wanita Persatuan) Unit Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat berlangsung lancar. Dibuka secara resmi oleh HJ. Kartini Hafid Idris (Ketua Umum DWP Prov. SulBar) dan di hadiri oleh Hj. Andi Ruskati ALi Baal Masdar (Penasehat DWP Prov SulBar) kegiatan yang berlangsung sehari dan dalam dua sesi ini menetapkan susunan pengurus inti DWP Dinas Kelautan dan Perikanan Sul Bar, sebagai berikut :

Ketua : Ny. Sitti Harapa Syamsul Ma’rif
Wakil Ketua : Ny. Hj. A. Suryani Ruslan
Sekretaris : Ny. Karina Many Ansari Wawan
Wakil Sekretaris : Ny. Hj. Hasrianti Maula
Bendahara : Ny. Farah Ulfa Yakub
Wakil Bendahara : Ny. Normah

Ketua Bidang Pendidikan : Ny. Suri Darmayanti Maswat
Ketua Bidang Ekonomi : Ny. Mantasia Muhammad Alif
Ketua Bidang Sosial Budaya : Ny. Ramlah Rusman

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas KP, Syamsul Ma’rif, SP., MMA selaku Sekretaris Dinas KP memberi ucapan selamat atas dikukuhkannya pengurus DWP DKP yang baru. ” Saya mewakili Kepala Dinas KP, mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru, semoga di masa yang akan datang kepengurusan ini dapat memberi suasana harmonis baik bagi keluarga masing-masing ASN dan keluarga besar DKP SulBar”, tutur Syamsul. ” Dibelakang pria yang kuat, selalu ada wanita yang hebat. ini tentunya menjadi gambaran bagaimana pengaruh istri sebagai spirit maker bagi suaminya dalam menjalankan akrifitasnya sebagai aparat dan pelayan masyarakat” sambung Syamsul Ma’rif.

DWP DKP SulBar saat mengikuti kegiatan Pengukuhan Pengurus

Adapun fungsi Darma wanita yakni sebagai wadah untuk melakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok organisasi. Di samping tugas dan fungsi pokok yang ada di dalam kelompok organisasi dharma wanita persatuan, organisasi tersebut juga memiliki tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna mendukung tercapainya tujuan nasional. Wewenang pengurus organisasi Dharma Wanita adalah (1) Menetapkan kebijaksanaan teknis organisasi berdasarkan hasil musyawarah nasional, anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan juga kebijaksanaan organisasi satu tingkat diatasnya; (2) Mengesahkan organisasi, pengurus dan atau ketua satu tingkat dibawahnya; (3) Melaksanakan pembinaan organisasi pada unsur pelaksana di lingkunganya; (4) Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan dan kebijaksanaan yang dilakukan oleh unsur pelaksana di lingkungannya; (5) Melaksanakan program dan kegiatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada organisasi satu tingkat di atasnya. Kewenangan anggota hanya sebatas kewenangan normatif yang harus dipatuhi. (Dilansir dari www.jurnalperempuan.org)

“Dengan dikukuhkannya kami selaku pengurus DWP DKP, kami sangat berharap agar organisasi ini dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi keberlangsungan keluarga besar Dinas Kelautan dan Perikanan Prov, Sulawesi Barat” tutup Sitti Harapa kepada humas.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok