humasDKP – Sesuai dengan program yang telah dicanangkan oleh Pj. Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakhrulloh, bahwa dalam upaya meningkatkan transparansi dan akurasi informasi terkait sektor kelautan dan perikanan, diperlukan adanya kesamaan dan sinkroinisasi data antara lembaga terkait. Untuk itu, Kabid Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan (PDSPKP), Muhammad Iqbal Mustamin untuk melakukan kunjungan kerja ke Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Sulawesi Barat( Jum’at, 22 /03/2024) atas arahan Kadis KP Prov. Sulbar, Suyuti Marzuki, S.,Pi.,MT.,M.Sc

Kunjungan ini bertujuan untuk meluruskan miss komunikasi yang terjadi terkait data harga ikan yang dirilis oleh BPS. “DKP sudah memiliki data per 2024 ini, tim kami rutin turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan langsung setiap tiga hari sekali untuk mendata harga ikan di Pasar Sentral Mamuju, Pasar Regional Mamuju, dan Pasar Sentral Pakkola Majene” terang Iqbal di hadapan peserta rapat.

Lanjut Iqbal menyampaikan bahwa data yang dimiliki oleh DKP Sulbar hanya sampai ke Tim TPID Daerah dan belum sampai ke BPS. Kabid yang alumnis salah satu PTN di Bandung ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara BPS dan DKP dalam mengumpulkan, menganalisis, dan mempublikasikan data harga ikan secara berkala. Hal ini menjadi kunci dalam menjaga transparansi dan keakuratan informasi yang menjadi dasar bagi kebijakan pengendalian inflasi sektor kelautan dan perikanan sesuai dengan Program Pj. Gubernur Sulawesi Barat.

BPS menyambut baik kunjungan dari Kabid PDSPKP dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam membuka dialog dengan DKP untuk memastikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Dengan informasi yang akurat dan transparan, diharapkan pihak terkait dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga stabilitas harga ikan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan pelaku industri perikanan.

Kunjungan ini juga menjadi momentum bagi PDSPKP dan BPS untuk memperkuat kerjasama dalam hal pemantauan dan evaluasi harga ikan secara terus-menerus guna mendukung keberhasilan program pengendalian inflasi di sektor kelautan dan perikanan. Kabid PDSPKP dan BPS sepakat untuk melanjutkan dialog dan kerjasama dalam memperbaiki proses pemantauan dan pelaporan data harga ikan di masa mendatang. Ini merupakan langkah penting dalam mendukung pengendalian inflasi sektor kelautan dan perikanan.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram