humasDKP_Kadis Kelautan dan Perikanan Sulawesi Barat Dr. Suyuti Marzuki,S.Pi, MT, M.Sc saat menerima kunjungan tim ahli IG Indikasi Geografis UNSULBAR, Dr. Arman Amran, MP dan Wakil Ketua Kadin SulBar Ir. Muhsin Husain di ruang kerja Kadis DKP ,(Jumat,31 Mei 2024).

Didampingi unit kerja TRL DKP Sulbar, diskusi berkutat pada upaya apa saja yang dapat dikerjasamakan oleh DKP dan UNSULBAR dalam rangka mendorong IG Garam Barane Majene yang dikenal memiliki karakter serta rasa yang khas yang diketahui pasca garam Barane ini melalui proses uji lab BBIHP Makassar.

Dr. Suyuti yang dikenal dengan kepakarannya pada bidang sosial welfare, mengeaskan harapan terbaiknya agar melalui upaya ini, garam Barane Majene sebagai binaan DKP SulBar bisa memiliki IG dan tentu berdampak pada meningkatnya nilai ekonomi yang pada akhirnya dapat menembus pasar dunia.

“Di masa yang akan datang, saya sangat berharap garam Barane bisa menjadi salah satu suplier akan kebutuhan garam yang berkualitas ke IKN berikut industri perikanan yang ada di sekitar wilayah Provinsi Sulawesi Barat”tegas Suyuti.

Sebagai akademisi yang memiliki kompetensi dan segudang pengalaman sebagai ketua tim IG kopi, Dr. Arman Amran menyampaikan masukannya yakni perlunya persiapan pembentukan kelembagaan IG nya yaitu MPIG (Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis) Garam Barane Majene di Kab. Majene Sulawesi Barat.

MPIG GBM inilah yang nantinya akan bekerjasama dengan tim ahli IG untuk mendiskripsikan sejarah, potensi dan uji lab serta rantai pasoknya untuk memastikan ketelusuran dan kekhasan cita rasa garam yang berlokasi di Pantai Barane Majene, dan kemudian didaftarkan pada KEMEKUMHAM SULBAR.

Kemuadian selanjutnya melengkapi dokumen yang dipersyaratkan untuk memenuhi standard IG Indikasi Geografis. Hal senada disampaikan oleh Muhsin Husain sebagai perwakilan KADIN SULBAR, beliau menyampaikan bahwa pada gilirannya, KADIN SULBAR akan berkomitmen untuk ikut serta memfasilitasi proses pemasaran garam di Barane Majene ke IKN, hingga bahkan ke pasar global, tentu jika sudah memiliki IG(wrt.qdr).

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok