“Saat ini BBIP Poniang baru memproduksi benih udangan vanname dan ikan nila, namun hasil produksinya masih di bawah standar. Dengan adanya kunjungan Pj Gubernur ini, kami berharap agar ke depannya akan ada pendampingan dan dukungan untuk pengembangan sarana dan prasarana produksi di BBIP Poniang” pungkas Irwan Latif selaku Kepala UPTD Poniang saat menerima kunjungan Pj Gubernur dan rombongan siang tadi (Rabu, 07/06/2023).

Pj. Gubernur didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan melihat kolam pembenihan di UPTD BBIP Poniang

Lahan UPTD Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Poniang seluas empat hektar baru terkelola sekitar 20 persen. Masih berpotensi dikembangkan. Sebab itu, Pj Gubernur Sulbar (Prof. Zudan Arif Fakrulloh) meminta Dinas Kelautan dan Perikanan terus melakukan kajian untuk pengembangan BBIP Poniang kedepan.

“Potensi kita masih sangat besar sekali, baik digunakan untuk pembesaran pembenihan maupun untuk membuat tambak skala kecil,” tutur Zudan, siang tadi dengan didampingi Pj. Ketua TP PKK Sulbar, Ny. Ninuk Triyanto Zudan, di Majene bersama rombongan.

Zudan menjelaskan, UPTD BBIP Poniang ini selain dari fungsi pelayanan, juga diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah. “Tidak menjadi unit cost terus-menerus, bisa bergeser menjadi revenue, yaitu unit yang menghasilkan,” tegas Zudan. Setelah BBIP Poniang, Pj besrta rombongan melanjutkan perjalanan ke UPTD PP Palipi yang letaknya tidak jauh dari BBIP Poniang.

Di UPTD Palipi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat (Khaeruddin Anas) mengutarakan akan program dan rencana yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Palipi. Salah satu diantaranya adalah dengan menganggarkan pembangunan break water sebagai pemecah gelombang agar kapal nelayan dapat berlabuh di dermaga pelabuhan Palipi.

Khaeruddin Anas saat memberikan penjelasan kepada Pj Gubernur, Sekda Prov beserta rombongan

Sebagaimana diketahui bahwa, hingga saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Barat telah memiliki UPTD Pelabuhan yakni PP Kasiwa Kab. Mamuju, PP Banggae Kab. Majene dan PP Palipi Kab. Majene. ” Kemajuan sebuah Pelabuhan Perikanan adalah cerminan akan sejahteranya masyarakat nelayan khususnya yeng bergerak di bidang perikanan tangkap” tutur Khaeruddin. Pelabuhan adalah sentral kegiatan dari kegiatan perikanan yang dimulai sejak kapal berlabuh di dermaga hingga hasil perikanan itu dipasarkan baik masih dalam bentuk ikan hingga dalam bentuk hasil diversifikasi hasil perikanan.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram