Mamuju, 26/01/2024. Menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Prov. Sulbar perihal pemanfaatan aset untuk peningkatan PAD, Kadis KP Prov. Sulbar (Dr. Suyuti Marzuki, S.Pi.,MT.,M.Sc) kunjungi pabrik es milik DKP Sulbar di Desa Sumare, Kec. Simboro, Kab. Mamuju. Didampingi jajaran, Dr. Suyuti Marzuki, S.Pi.,MT.,M.Sc selaku Kadis melihat beberap fasilitas pabrik yang pekerjaannya rampung Tahun 2023 lalu.

“Besok (Sabtu,26/01/2024), saya dengan tim akan melihat menyelam untuk melihat kondisi perairan sekitar pabrik es ini”, terang Kadis jebolan Universitas di Inggris itu. Penyelaman akan dilakukan guna mengetahui kedalam perairan di sekitar pabrik es, apakah kapal nelayan layak untuk merapat untuk mengambil langsung es balok atau perlu dermaga sebagai tempat berlabuh.

Rencananya, pabrik es balok ini akan diuji coba untuk dioperasikan pekan pertama bulan Februari nanti untuk melihat daya produksi pabrik es balok ini. Diharapkan agar nelayan sekitar dapat berkontribusi dengan membeli es balok milik DKP ini.

Pada kunjungan sore ini (Jum’at, 26/01/2024), Kepala Dinas KP memerintahkan Sekretaris Dinas beserta Kabid PDSPKP untuk mengundang punggawa-punggawa kapal di sekitar Sumare dalam rangka membahas perihal pengembangan pabrik es balok ini, agar segera beroperasi secara maksimal. Setelah ini, Kadis KP akan melaporkan kondisi terakhir pabrik es balok di Desa Sumare ini ke Pj. Gubernur untuk melakukan observasi lebih dalam.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram