MAMASA – Sebanyak 168 Kepala Desa dan Badan Permusyarawatan Desa (BPD) resmi dilantik oleh Pj Bupati Mamasa Dr. Muhammad Zain, di lapangan Basket Mamasa, Senin (15/7/2024). Pelantikan tersebut disaksikan oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin. Hadir dalam pelantikan serempak ini juga Kejari Mamasa, Kapolres Mamasa serta OPD Pemprov Sulbar. Dalam sambutannya Pj Bahtiar menekankan kepada para kepala desa dan BPD agar memperhatikan kondisi alam Mamasa dengan cara menciptakan program penghijauan jenis hortikultura serta memanfaatkan potensi dan kelebihan yang ada di Mamasa.

Di hadapan seratusan lebih kepala desa Pj Bahtiar berpidato lebih dari satu jam. Mengawali sambutannya itu Bahtiar mengawali pertanyaan kepada para kades tentang kesejahtraan. Sebab lanjut Bahtiar, jika kepala desa dan BPD tidak sejahtera maka tentu akan berpengaruh kepada rakyatnya.
“Kalau pak desa belum bahagia apalagi rakyatnya. Jika pak desa dan bu desa belum sejahtera maka jangan harap rakyat akan sejahtera. Itu berarti kita tidak mampu sejahtrakan rakyat nya” tandas Dirjen Kementerian Dalam Negeri tersebut.

Untuk itulah Bahtiar mengajak para kades agar lebih memahami karakter wilayahnya di Kabupaten Mamasa ini. Meskipun kata dia Mamasa terbilang daerah rawan bencana longsor bukan berarti rakyat Mamasa menerima kenyataan begitu saja. Sambil mencontohkan Jepang yang tiada hari tanpa gempa tetapi negara tersebut mampu menguasai dunia.

Menurutnya, Mamasa memiliki keindahan alam dan lahan yang sangat bagus untuk berkembang. Selain keindahan alam juga tanah nya dapat menjadi tempat tumbuhnya pohon yang akan menjadi lebih produktif.
“Tanamlah pohon yang produktif. Selain dapat mempererat dan memperkokoh struktur tanah juga pohon tersebut dapat menjadi lahan penghasilan secara ekonomi” ujarnya. Seperti menanam pohon sukun, pohon mangga, durian, nanas California nangka madu serta jenis tanaman lainnya. “Tanamlah pohon di setiap halaman rumah anda. Para Kades agar membuat program menanam pohon hortikultura” pesannya.

Sementara itu Pj Bupati Mamasa Muh.Zain berpesan bahwa di dalam jabatan kita ada martabat. Maka dibutuhkan kerja keras dan mendampingi masyarakat.
“Saya ingat pesan Pj Gubernur, jangan hanya bekerja menggugurkan kewajiban” tandasnya.
Dia mengingat sebuah buku yang dibaca bahwa daerah miskin akan tetap miskin bukan karena letak geografis. Bukan karena budayanya, pegunungan atau lahan tetapi karena visi pemimpinnya.
“Tetapi daerah itu tertinggal karena pemimpinnya, pejabatnya. Karena pemimpinnya tidak tau. Kebijakan apa yg dia ambil untuk sejahterakan rakyatnya” jelasnya.
Maka dari itu imbau Muh.Zain, pada 168 kepala desa di Mamasa agar memperhatikan 8 agenda kerja Pj Bahtiar Baharuddin.

Pelantikan 168 Kades diawali melalui pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Pj Bupati Mamasa Muh.Zain yang diikuti perwakilan Kepala Desa serta BPD. Sementara di bagian belakang berdiri secara rapi 168 Kades dan BPD. Para kades ini ada yang diperpanjang masa jabatannya hingga delapan tahun dan hasil Pilkades pada tahun 2021 lalu. Pelantikan ini merupakan pemilihan langsung kepala desa yang berlangsung pada tahun 2019 dan 2021. Surat Keputusan berdasarkan SK bupati Mamasa 141/KPTS/142/VII / 2024. (Rls)

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok