Mamuju, 03/08/2023. Berlangsung di Kantor Desa Tapalang, siang lalu (Selasa, 2 Agustus 2023), Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Barat gelar rapat “Penyusunan Rencana Aksi Penurunan Inflasi, Kemiskinan Ekstrim, Stunting, Anak Tidak Sekolah dan Pernikahan Anak Usia Dini” yang dimana DKP mendapat wilayah kerja di Kec. Tapalang dan Kepulauan Balabalakang. Rapat yang digelar sehari ini diikuti oleh 7 Perwakilan Desa, 3 Perwakilan Kelurahan, Perwakilan SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1 Tapalang, dan Kepala Puskesmas Tapalang.

Rangkuman kegiatan :

  1. Terdapat ketidaksinkronan data pusat dengan data hasil verifikasi langsung mengenai anak tidak sekolah. Data pusat lebih dari 700 anak tidak sekolah di Tapalang, setelah di verifikasi ulang jumlahnya tidak sebanyak itu. Hasil pendekatan kepada siswa putus sekolah di Tapalang kebanyakan disebabkan oleh tidak tersedianya akses transportasi umum (angkutan umum/bis sekolah)
  2. Terdapat beberapa anak usia sekolah yang sudah menikah sehingga memutuskan untuk berhenti sekolah. Pendekatan dilakukan oleh sekolah dengan merangkul siswa tersebut untuk tetap bersekolah seperti biasa atau diberikan kelas khusus untuk mendapat pendidikan yang sama
  3. Tingginya stunting di desa Tapalang dapat disebabkan sejak masa kehamilan ibu usia muda yang tidak mengkonsumsi tablet tambah darah sehingga mengalami anemia yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Rencananya kami akan meminta pendamping setiap kali ibu hamil memeriksakan kesehatannya supaya rutin mengkonsumsi tablet tambah darah. Pemberian Makanan Tambahan juga akan dilakukan kepada anak terindikasi stunting selama 90 hari. Diharapkan kedepannya sekolah di kecamatan Tapalang juga mengundang puskesmas pada saat masa orientasi siswa untuk memberikan edukasi mengenai stunting

Dari hasil rapat di atas, kemudian Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Barat, akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya yang merukan prime holder dalam melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan oleh Pj. Gubernur (Zudan Arif Fakhrulloh).

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Follow by Email
YouTube
Instagram