Mamuju,(04/04/2020) Suasana duka kembali menyelimuti Pemerintahan Provinsi Sulawesi Barat khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan. Berita duka datang dari sosok Dr. Ir. H. Parman Parakkasi, M.Sc yang berpulang pada hari Kamis (2 April 2020) di Makassar. ” Jam 00.00 WITA, ini pecah pembuluh darahnya, kemarin masuk RS. Ibnu Sina, hanya pingsan dan kami coba cari rumah sakit yang mau operasi, tapi tidak ada yang bisa menerima karena alasan full akibat konsentrasi pada penanganan pasien COVID-19″ ungkap adik kandung almarhum Padlia Parakkasi pada media.

Alm. Parman Parakkasi

Sebelum berkiprah pada level Provinsi, beliau mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar di Universitas Tadulako, kemudian mulai merambah ke dunia birokrasi menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Mamuju Utara. Karier beliau melesat setelah dipercaya untuk memimpin Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat sejak tahun 2013 hingga 2020, dan kemudian diberi amanah baru menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Selama kurang lebih satu periode menjabat seagai Kadis Provinsi, Almarhum telah banyak menelurkan kebijakan – kebijakan yang tentunya berpihak pada peningkatan kondisi perikanan di SulBar. Mulai dari pengembangan kerjasama dengan pihak perguruan tinggi, pihak lembaga penegakan hukum, hingga pihak media lokal dan nasional.

Ucapan belasungkawa terus mengalir dari berbagai kalangan, tak luput menteri Kelautan dan Perikanan RI, Bpk Edhy Prabowo ikut serta memberikan karangan bunga sebagai bentuk ungkapan kehilangan beliau akan salah satu putra terbaik yang lahir 51 tahun silam itu.

Kata Mereka :

Syamsul Ma’rif (Plt. Kadis KP) ” Beliau seorang Ilmuan , seorang birokrat yg berwawasan luas, mudah bersinergi dengan semua pimpinan dan relasi kerjanya. Almarhum tidak pernah berkeluh kesah apalagi marah pada staf tentang pekerjaan yg tidak terselesaikan. Dan yg paling terkesan adalah setiap saat beliau selalu memberi motifasi kepada semua orang untuk berubah kearah yg lebih maju.

Abd. Jalil (Kabid PSDKP DKP) Almarhum saya kenala sebagai pribadi yang tenang, ramah, cerdas, innovatif dan visioner. Mudah bergaul dengan siapa saja tanpa membedakannya dari kalangan dan strata sosial, setiap kali bicara selalu memberi motivasi dan ide – ide baru yang sangat cemerlang yang memancing semangat dan antusias setiap orang yang mendengarnya”.

Nurbaikah (Kasubag Umum & Kepeg DKP) ” Klo buat saya, beliau adalah pribadi yg hangat,mengayomi,dan menginspirasi, tdk pelit ilmu,tdk mudah menyerah serta visioner “

Sarmida (Staf PTT DKP) ” Saya masih ingat Alm. pernah berpesan kepada saya, berbuat baiklah selalu meskipun kebaikanmu dianggap tak bernilai karena Tuhanlah yg menilai kita bukan manusia, beliau pemimpin yang sangat baik, suka berbagi rezeki “

Manaf Harmay (Pimred WACANA,INFO) “Almarhum dikenal sebagai sosok yang visioner, punya standar kualitas yang tinggi serta berdedikasi. Sulbar kehilangan sosok yang sangat konsen di bidang pengembangan sumber daya manusia”

Semoga apa yang menjadi cita-cita beliau sebagai putra daerah yang berlatar belakang ilmu perikanan, dapat tetap terjaga sehingga dunia perikanan di SulBar dapat sejajar dengan Provinsi yang lain di Indonesia.

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok