POLMAN — Peternakan kambing di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) akan ditingkatkan menjadi kampung peternakan kambing. Hal tersebut diutarakan oleh Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin saat mengungjungi salah satu peternak kambing di Desa Tandassura Kecamatan Limboro Polman, Minggu 4 Agustus 2024. Ikut bersama Pj Bahtiar yakni Asisten III Amujib dan Kadis Sosial Abdul Wahab serta Asisten I Andi Muchtar serta Pj Bupati Polman Ilham Borahima. Saat berdialog dengan pemilik ternak dan kepala desa setempat, Pj Bahtiar heran sebab terdapat peternakan yang memproduksi kambing namun ekosistemnya belum terbentuk. Termasuk bantuan permodalan dan pendampingan agar dapat menghasilkan kambing berkualitas ekspor.
“Di sini saya lihat cukup bagus. Saya melihat ada inovasi antara Pak Desa dengan Pak Sani berkolaborasi yang luar biasa. Ini contoh yang baik. Menurut saya tinggal dibantu permodalan. Karena maagemennya sudah bagus” ujar Bahtiar.
Untuk itulah dia bersama Pj Bupati Polman akan melakukan intervensi terhadap perbankan untuk menyalurkan KUR khusus kepada peternak kambing di desa Tandassura agar desa tersebut menjadi desa peternak kambing terbaik di Sulbar. Apalagi kepala desa Tandassura sangat kreativ di mana salah satunya dana desa digunakan untuk program ketahanan pangan. Dia juga mendorong agar peternak di desa ini memelihara kambing susu karena ke depan akan ada program makan gratis atau bergizi di mana pemerintah akan membutuhkan pasokan yang banyak.
Pada kesempatan tersebut Pj Polman mengusulkan kepada peternak agar memnentuk kelompok peternak untuk memudahkan bantuan KUR dari perbankan.
“Saya akan bantu dan melakukan intervensi atau jaminan kepada perbankan” tandas Ilham Borahima.
Sementara itu Kepala Desa Tandassura Zulfikar Junus menyambut hangat rencana Pj Gubernur menetapkan desanya sebagai desa peternakan kambing.
“Saya mewakili desa dan kepala desa Tandassura mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur. Alhamdulillah ini semakin menambah semangat kami sebab akan mengembangkan peternakan di desa kami. Dan kedepan motivasi dari pak gub ini Insya Allah akan kami terapkan” ujar Zulfikar.

Termasul Hassani peternak kambing. Dia sangat berharap ada perhatian dari Pemprov Sulbar terutama meningkatkan SDM peternak kambing.
“Yang perlu kami sangat butuhkan disini adalah yang pertama bagaimana peningkatan SDM peternak kita. Yang tadinya peternak hanya lima ekor bisa menjadi 40 ekor” harap Hassani seraya meminta agar ada peternak di desanya yang dikirim studi lapang ke pulau jawa. (Rls)

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok