MAMUJU – Sekprov Muhammad Idris menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 31 tahun Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Senin 5 Agustus 2024.

Turut dihadiri, Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN RI drg Widwiono, Ketua DPRD Sulbar Siti Suraidah Suhardi, Kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar dan Kabupaten, serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

“Kita baru saja sama-sama seluruh komponen yang terkait Harganas ke-31 tahun. Kita cukup berbangga dan berbahagia teman-teman baik provinsi dan kabupaten turut andil,” kata Idris.

Adapun, lanjut Idris tujuan dalam peringatan Harganas yaitu pertama mengevaluasi program yang sudah dicanangkan.

“Alhamudulillah capaian kita cukup progresif, dimana memastikan keluarga berkualitas. Jadi isunya keluarga berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan itu perlu kerjasama yang baik mulai dari provinsi sampai tingkat kabupaten. Misalnya bagaimana keluarga menjadi tempat membangun religiusitas.

“Apapun agamanya memastikan anak-anaknya mendapat hak awalnya sampai seterusnya. Kita juga hari ini memberikan penghargaan perorangan atau lembaga yang sudah bekerja bersama BKKBN,” ungkapnya.

Dimana, mereka turut andil dalam memajukan kesehatan keluarga misalnya penanganan stunting. Makanya diberikan apresiasi.

“Kita juga sampaikan progres capaian kedepan, dimana memastikan Sulbar tidak bekerja keras karena beberapa tantangan misalnya stunting kita diangka 30 persen dan saat ini sudah 18 persen,” ujarnya.

Apalagi, sesuai permintaan Presiden harus mencapai 14 persen. Ini harus menjadi perhatian semua pihak dan membangun komitmen bersama.

“Memastikan penanganan stunting secara terstruktur. Fokus untuk menurunkan stunting, termasuk perhatian kelahiran dan kematian bayi,” harapnya.

Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN RI, drg Widwiono mengungkapkan peringatan Harganas ini hari bagi semua masyarakat Sulbar.

“Jadi ini apresiasi bagi masyarakat Sulbar, disamping itu juga kita melakukan evaluasi yang sudah diberikan dan apa yang harus dikerjakan kedepan,” tandasnya.(rls)

By Dinas Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
YouTube
Instagram
Tiktok